12 hal yang harus kita hindari dalam bergaul

1.Aku bukan ancaman bagimu :
   Keyakinan ini harus kita hujamkan di dalam hati kita,bahwa diri kita tidak boleh merugikan orang lain

2.Hindari penghinaan :
   Jangan pernah lakukan apapun yang bersifat merendahkan,ejekan,dan penghinaan dalam bentuk apapun terhadap seseorang, baik tentang kepribadiannya,postur tubuh,maupun keadaan sosialnya. Karena tak ada masalah yang selesai dengan penghinaan , celaan, apalagi merendahkan.

3.Hindari ikut campur urusan pribadi orang lain :
   Hindari ikut campur dalam urusan pribadi seseorang yang tidak ada manfaatnya jika kita terlibat.Karena setiap orang mempunyai urusan pribadi yang sensitif.

4.Hindari memotong pembicaraan :
   Betapa tidak sukanya kita apabila kita sedang berbicara kemudian tiba - tiba dipotong dan di sangkal.

5.Hindari membandingkan :
   Sedikit pun jangan sekali - sekali secara sengaja kita membandingkan - bandingkan, baik itu berupa jasa, kebaikan, penampilan, harta maupun kedudukan seseorang dengan orang lain.

6.Jangan membela musuhnya dan mencaci kawannya :
   Setiap kawan pasti mempunyai sifat menyukai dan tidak menyukai.Jika membela musuhnya maka kita biisa di anggap bergabung dengan musuhnya tersebut.Mencaci kawannya bisa juga di artikan kita tengah mencaci dirinya.Bersikaplah netral - netral saja.

7.Hindari merusak kebahagiaan  :
   Bila seseorang tengah bersuka cita,tengah gembira hatinya atau sedang bahagia,jangan sekali - kali kita menghancurkan kegembiraannya di saat yang bersamaan.

8.Jangan mengungkit masa lalu :
   Hal yang satu ini juga tidak kalah penting,jangan pernah sekali - kali kita mengungkit - ungkit masalah atau aib yang sedang berusaha ditutup - tutupi.

9.Jangan mengambil hak nya :
   Berhati - hatilah terhadap hak - hak orang lain baik itu dalam bentuk materi taupun non-materi.Setiap gangguan terhadap harta,waktu,tenaga bahkan ketenangan orang lain sedikit banyak akan menimbulkan rasa tidak suka,dan lebih buruk bisa rusaknya tali silaturahmi.

10.Hati - hati dengan marah :
     Bila kita sedang marah, maka waspadalah,karena kemarahan yang tak terkendali biasanya menghasilkan kata dan perilaku yang keji,yang akan menyakiti orang lain,tentu saja perlakuan ini akan atau dapat menghancurkan hubungan baik dilingkungan mana pun.

11.Jangan menertawakannya :
    Sebagian besar dari kita suka menertawakan kekurangan dari orang lain,baik itu penampilannya ataupun rupanya,terkadang kita tertawa karena itu lucu di mata kita.

12.Hati - hati dengan penampilan (bau badan dan bau mulut) :
    Tidak ada salahnya bila kita mengontrol penampillan,bau badan atau pun mulut,karena penampilan  yang tak terlihat segar akan membuat orang lain terusik kenyamanannya,sehingga orang lain cenderung menghindari kita.

0 komentar:

Posting Komentar