Mansour bin Zayed Al Nahyan







HH Sheikh Mansour bin Zayed bin Sultan Al Nahyan (lahir 1970) adalah United Arab Emirat politikus dan anggota keluarga yang berkuasa dari Abu Dhabi (Emirat) . Dia adalah saudara setengah dari Presiden saat ini Uni Emirat Arab, Emir (penguasa) Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed Al Nahyan .  Di luar Emirates, ia paling dikenal sebagai pemilik Manchester City Football Club 

Lahir di Emirat Abu Dhabi , anak 5 emir Abu Dhabi Zayed II dan istri Fatima , Mansour bin Zaid Al Nahyan lulus sekolah di tanah airnya dan berangkat Amerika Serikat untuk pendidikan tinggi.  Pada tahun 1993, ia menerima gelar sarjana dalam ilmu politik .

Pada tahun 1997, ia ditunjuk sebagai ketua Kantor Kepresidenan, yang ayahnya Zayed II adalah yang pertama dan oleh-lalu presiden UEA.  Setelah kematian ayahnya, ia diangkat oleh saudaranya tertua setengah Khalifa II sebagai 1 Menteri Presiden Negeri Uni Emirat Arab , yang merupakan gabungan dari Kantor Kepresidenan dan Presiden Pengadilan.  Beliau juga pernah menjabat posisi nomor di Abu Dhabi, untuk mendukung saudaranya Putra Mahkota Mohammed bin Zayed Al Nahyan .

 Menjabat sebagai Ketua Dewan Menteri untuk Pelayanan, yang dianggap sebagai entitas menteri melekat pada Kabinet, yang terdiri dari sejumlah menteri pos Departemen Layanan.

 Sejak tahun 2000, ia memimpin Pusat Nasional Dokumentasi dan Penelitian . Pada tahun 2005, ia menjadi wakil ketua Dewan Pendidikan Abu Dhabi (ADEC), ketua Yayasan Emirates , Abu Dhabi Makanan Otoritas dan Abu Dhabi Dana untuk Pembangunan . since 2005. sejak tahun 2005. Pada tahun 2006, sebagai Ketua Departemen Kehakiman Abu Dhabi .

 Pada tahun 2007, ia ditunjuk sebagai Ketua Khalifa bin Zayed Charity Foundation .

 Sheikh Mansour menjabat sebagai Ketua Pertama Bank Teluk sampai tahun 2006,  dan sebagai anggota Dewan Pembina Yayasan Amal dan Kemanusiaan Zayed. Sheikh Mansour telah membentuk program beasiswa bagi siswa UEA untuk belajar di luar negeri.  Beliau juga ketua Emirates Balapan Kuda Authority (EHRA), menekankan cintanya untuk olahraga.  Tersebut policital Sheikh Mansour dan bisnis pengaruh, beberapa media telah melaporkan bahwa Mansour ketenarannya sama seperti presiden AS, Barack Obama di speed dial

Sheikh Mansour mengepalai International Petroleum Investment Company , yang memiliki 71% dari Aabar Investasi dan digunakan sebagai sarana investasi .

Pada tahun 2005, ia diangkat sebagai anggota Dewan Minyak Tertinggi . In the same year he chaired the Board of  Pada tahun yang sama ia mengetuai Dewan Direksi untuk Perusahaan International Petroleum Investasi dan anggota Dewan Direksi Abu Dhabi Investment Authority (Adia). Pada tahun 2007 diangkat sebagai Ketua Emirates Investment Authority , yang dana kekayaan kedaulatan dari UEA.

Sheikh Mansour yang dikenal memiliki saham 32 % di Virgin Galactic setelah menginvestasikan $ 280M dalam proyek melalui Aabar pada bulan Juli 2009. Aabar juga memiliki 9,1 % di Daimler setelah membeli saham sebesar $ 2700000000 Maret 2009 dan dilaporkan bahwa Aabar ingin meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 15% pada bulan Agustus 2010.

Pada bulan September 2008, Sheikh Mansour membeli Manchester City Football Club, kebingungan awal banyak. Sulaiman Al Fahim adalah tokoh dengan Sheikh Mansour "pemain utama"  dan Robinho bergabung dalam jam pembelian yang sedang diselesaikan pada hari batas waktu transfer.Sudah dikatakan, Sheikh Mansour harus telah mencari Liga Premier untuk membeli untuk sementara  dan 48.000 tempat duduk stadion Manchester City dengan aliran penghasilan tertinggi keenam di Inggris adalah pembelian yang diinginkan dengan potensi karena tidak ada pertengahan lain meja-klub Liga Premier bisa menawarkan proposisi ini.

Pada tahun 2010, koran Inggris, The Times peringkat Sheikh Mansour sebagai keenam orang yang paling kuat dalam olahraga, mengutip perkiraan £'s Mansour 750 juta investasi di setiap area Manchester City dan investasi 1 miliar £ di daerah sekitar City of Manchester Stadium sebagai kontribusi faktor.  Sheikh Mansour mengunjungi Manchester pada bulan Agustus 2010 untuk menonton klubnya bermain untuk pertama kalinya sejak membeli klub di tahun 2008 - pertandingan adalah 3-0 menang melawan Liverpool . Selain Manchester City, Sheikh Mansour adalah ketua olahraga multi Al-Jazira Club .

Sheikh Mansour adalah penunggang kuda dicapai dan telah memenangkan sejumlah Endurance Racing turnamen yang diselenggarakan di Timur Tengah , dan merupakan ketua Kuda Emirates Racing Otoritas.

Dia adalah pelindung jalan tahunan berjalan persaingan di Abu Dhabi: yang Zayed International Half Marathon

Sheikh Mansour memiliki dua istri. Ia menikah Manal Sheikha binti Muhammad bin Rasyid Al Maktoum, putri dari Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum , Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab dan penguasa Dubai . Mereka memiliki seorang putri, Sheikha Fatima (lahir 9 Juni 2006), dan seorang putra, Sheikh Mohammed (lahir 4 Desember 2007).

Sheikh Mansour juga menikah dengan Alia Sheikha binti Muhammad bin Butti Al Hamed, mereka menikah pada awal tahun 90-an.  Mereka memiliki seorang putra bersama, Sheikh Zayed bin Mansour Bin Zayed Al Nahyan. Dia adalah anak tertua dari Sheikh Mansour.




0 komentar:

Posting Komentar